Cara install driver CH340 untuk arduino dan CNC arduino

 Pada kali ini saya sedikit sharing cara install driver arduino. Pada kesempatan ini saya lagi mau nyoba CNC berbasis arduino. Ternyata gagal komunikasi. saya cek ternyata karena drivernya. Untuk cek apakah arduino bisa komunikasi baik dengan laptop atau komputer ialah dengan cek pada device manager. Jika ada tanda segitiga kuning berarti harus update driver.



Jadi langkah berikutnya teman- teman perlu install driver arduino nya.

Setelah cari nemu lah di situs kelasrobot.com. Dan ini link download driver nya :

https://www.dropbox.com/s/q0u00s6yd4bhw8w/USB%20Driver%20CH340G.rar?dl=0


Setelah itu tinggal download dan install. Tinggal klik 2x simbol komputer pada folder driver ch340 yang sudah didownload. Lalu klik install dan seterusnya. Gampang kok :-)





Terkadang setelah install bisa langsung berhasil. Bisa pula perlu ganti nomor COM pada drivernya. Apalagi bila komputer yang dipakai juga sering dipakai ke alat lain misal ke PLC, inverter dan lainnya. Pada komputer yang saya pakai COM 1 dipakai 2 alat yaitu Nuvoton dan CH340 arduino. Maka yang CH340 (COM1) saya ubah ke COM2. Dan ternyata berhasil. Alhamdulillah :-)



0 Response to "Cara install driver CH340 untuk arduino dan CNC arduino"

Posting Komentar